KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)
Hotel merupakan fasilitas yang sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat meliputi kebutuhan traveling antar kota dalam urusan bisnis maupun wisata. Hotel yang terletak di tengah kota dengan prospek yang menjanjikan tentunya memerlukan suatu system reservasi demi kelancaran pelayanan. Hotel dengan pelayanan yang memuaskan dan menyediakan fasilitas kamar dengan beberapa kelas, laundry, hingga restoran pasti akan banyak dikunjungi para tamu yang akan menginap. Mengingat banyaknya jumlah tamu yang berkunjung, maka masalah dalam pengelolaan informasi persediaan kamar, layanan kamar, laundry hingga restoran menjadi sangat penting. Oleh karena itu, perlu kiranya dibuat sebuah sistem informasi reservasi hotel sehingga pengelolaan informasi persediaan kamar, daftar harga kelas dan layanan kamar, pengelolaan daftar tamu, pencarian daftar tamu dan kamar, pengelolaan daftar tamu cheek-in dan cheek-out, pencetakan laporan harian, mingguan, bulanan dapat dilakukan secara cepat, mudah dan akurat.
2. MAKSUD DAN TUJUAN- Menghasilkan perangkat lunak untuk aplikasi Sistem informasi reservasi hotel yang memiliki fitur-fitur standar seperti informasi data kamar dan kelas yang kosong dan terisi, data tamu, data transaksi cheek-in dan cheek-out, pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan dan sebagainya, serta informasi data petugas hotel.
- Membuat proses administrasi hotel menjadi teratur dan akurat serta informasi yang diperlukan dapat disajikan dengan cepat, tepat, akurat.
- Sistem informasi ini dapat digunakan untuk membantu dalam mengetahui data kamar dan kelas yang kosong dan terisi, laporan kegiatan dan transaksi hotel harian, mingguan, bulanan, dan mendapatkan hasil laporan yang akurat dan benar .
- Data record transaksi dapat tersimpan dengan aman.
- Dapat meminimalisir bahkan menghilangkan kesalahan-kesalahan yang mungkin seperti yang terjadi jika menggunakan pencatatan secara manual.
- Dapat mengetahui dengan cepat dan mudah kamar dan kelas yang paling laku sehingga dapat menambah service pelayanan kamar yang lebih memuaskan.
- Mempermudah pencarian data transaksi cheek-in cheek-out dan data tamu yang berlangsung beberapa hari/minggu /bulan sebelumnya.
3. SASARAN
Tersedianya sistem administrasi hotel yang baik dan akurat serta mempermudah kerja resepsionist dan admin dalam pencarian data kamar dan kelas serta data tamu. Dan pembuatan laporan harian, mingguan, dan bulanan sehingga mendapatkan efisiensi waktu dan keakuratan data.
Hotel Selaras Asri
Jalan Jendral Sudirman NO 12
Salatiga
Jawa Tengah
5. SUMBER PENDANAAN
Anggaran dana untuk pembuatan Sistem Informasi Reservasi Hotel Selaras Asri sebesar Rp 76.829.500 (Tujuh puluh enam juta delapan ratus dua puluh sembilan ribu lima ratus rupiah) termasuk pajak – pajak yang membebani.
6. LINGKUP, LOKASI, DATA DAN FASILITAS PENUNJANG SERTA ALIH PENGETAHUANa. Lingkup Kegiatan
i. Pengembangan modul - modul utama pada aplikasi Sistem Informasi Reservasi Hotel Selaras Asri berbasis web adalah :
a. Modul pendaftaran akun untuk hak akses.
b. Modul login dan logout untuk resepsionis dan admin.
c. Modul kamar untuk informasi data kamar, kelas, dan harga.
d. Modul tamu untuk informasi tamu atau pengunjung yang menginap di hotel.
e. Modul transaksi untuk transaksi check-in dan check-out serta laporan harian, mingguan, dan bulanan.
f. Modul data petugas untuk informasi data petugas di Hotel Selaras Asri.
g. Modul reservasi untuk reservasi kamar, penggantian tanggal reservasi, dan pembatalan reservasi.
ii. Pengembangan basisdata pendukung aplikasi
a. Pengembangan struktur database
b. Pengembangan database relationship
iii. Menyusun dokumentasi lengkap
a. User Requirement
b. User Interface
c. Migrasi data
d. Testing (Case Test, Unit Test, Integration Test, Acceptance Test)
e. Database Dictionary
f. Database Security
g. Form Input/Output
h. Source Code yang mudah dipahami pengguna jasa
i. User Manual
b. Lokasi Kegiatan
Hotel Selaras Asri
Jalan Jendral Sudirman NO 12
Salatiga
Jawa Tengah
c. Data dan Fasilitas Penunjang
i. Penyediaan oleh pengguna jasa
Data dan fasilitas yang disediakan oleh pengguna jasa yang dapat digunakan dan harus dipelihara oleh penyedia jasa :
1. Laporan dan Data
- Data permohonan aplikasi Sistem Informasi Reservasi Hotel Selaras Asri dalam bentuk kertas dan elektronik
- Data administrasi Hotel Selaras Asri
2. Akomodasi dan Ruangan Kantor
- Ruangan server dan hotspot
3. Staff Pengawas
- 2 (dua) orang admin yang bertugas memantau kegiatan penggunaan sistem.
ii. Penyediaan oleh penyedia jasa
Penyedia jasa harus menyediakan dan memelihara semua fasilitas dan peralatan yang dipergunakan untuk kelancaran pelaksanaan pekerjaan.
- Meja
- Personal Computer (PC) atau notebook
d. Alih Pengetahuan
Penyedia jasa harus mengadakan pelatihan, kursus singkat, diskusi, dan miniworkshop terkait dengan subtansi pelaksaan pekerjaan.
7. METODOLOGI
Metodologi dan pendekatan yang dipergunakan dalam pembuatan aplikasi Sistem Informasi Reservasi Hotel berbasis web adalah dengan memperhatikan kebutuhan dan kesesuaian dengan kondisi Hotel Selaras Asri dengan berbasis kepada better / best practice dari organisasi sejenis atau relevan.
8. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini adalah selama 100 hari.
9. KUALIFIKASIKualifikasi yang diharuskan dipenuhi oleh Penyedia Jasa adalah:
- Bersedia menandatangani Perjanjian Kerahasiaan Data dan Informasi sesuai dengan kebijakan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (Information Security Management System) Hotel Selaras Asri.
- Memiliki latar belakang dan pengalaman yang luas dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi dengan skala besar, terintegrasi dan mengintegrasikan aplikasi.
- Setidaknya sudah pernah menjadi Penyedia Jasa dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi.
- Memiliki pemikiran inovatif dan konstruktif dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi.
- Memiliki kemampuan untuk menangani masalah dengan cepat dan tepat.
- Memiliki production house / workshop dan tenaga-tenaga ahli yang permanen.
- Memiliki metode yang baik dalam memberikan pelayanan kepada Pengguna
- Sanggup untuk memberikan garansi atas berfungsinya barang/jasa secara sempurna selama satu tahun sejak serah terima.
- Memiliki komitmen yang kuat untuk mau bekerjasama dengan Panitia Pengadaan, Tim Teknis, dan Tim IT dari Hotel Selaras Asri
- Memiliki komitmen untuk mengamankan data dan informasi yang berkaitan dengan Hotel Selaras Asri.
- Memiliki komitmen dan disiplin terhadap tanggung jawab dan jadwal pekerjaan.
Tenaga ahli yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan ini adalah :
Sistem analis yang disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak komputer berbasis web dan data base sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun. Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
Programmer/Developer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun. Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
Trainers yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun. Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
11. KELUARAN
Keluaran yang dihasilkan dari pelaksanaan pekerjaan ini adalah :
- Perangkat lunak Sistem Informasi Reservasi Hotel Selaras Asri berbasis web yang dapat dioperasionalkan dan digunakan untuk menangani pengelolaan informasi persediaan kamar, daftar harga kelas dan layanan kamar, pengelolaan daftar tamu, pencarian daftar tamu dan kamar, pengelolaan daftar tamu cheek-in dan cheek-out, pembatalan reservasi, penggantian tanggal reservasi, pencetakan laporan harian, mingguan, bulanan, serta pengelolaan informasi daftar petugas hotel sehingga dapat meningkatkan kecepatan penanganan, efisiensi, dan menghasilkan output yang lebih baik dan berkualitas,
- Dokumentasi yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi, antara lain dan tidak terbatas pada requirement, desain sistem, konfigurasi sistem dan arsitektur program,
- Program dengan source Code,
- Dokumentasi seluruh sistem dan perangkat lunak,
- Dokumentasi SOP (system operating procedure) maupun SMP (system maintenance procedure),
- Instalasi aplikasi dan migrasi data,
- Pelatihan, pendampingan/asistensi, garansi dan pemeliharaan.
12. PELAPORAN
Jenis laporan yang harus diserahkan kepada pengguna jasa adalah:
a. Laporan Pendahuluan, berisi :
- Rencana kerja penyedia jasa secara menyeluruh;
- Mobilisasi tenaga ahli dan tenaga pendukung lainnya;
- Jadwal kegiatan penyedia jasa.
Laporan harus diserahkan selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak SPMK diterbitkan sebanyak 3 (tiga) buah laporan.
b. Laporan Mingguan, berisi :
- Aktifitas yang dilakukan oleh masing-masing anggota tim;
- Hasil yang telah dicapai maupun (apabila ada) kendala - kendala yang dialami serta rencana penanganan kendala tersebut;
- Persentase hasil pekerjaan terhadap milestone ataupun hasil akhir yang telah ditetapkan;
- Laporan harus diserahkan selambat-lambatnya hari Senin setiap minggu sebanyak 1 (satu) buah laporan.
c. Laporan Akhir, berisi :
- Laporan pendahuluan;
- Laporan Mingguan;
- Dokumentasi lain yang berkaitan dengan kegiatan proyek ini
Laporan harus diserahkan selambat-lambatnya 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak SPMK diterbitkan sebanyak 3 (tiga) buku laporan dan CD berisi seluruh laporan sebanyak 3 (tiga) buah.
Sumber :
Sistem Informasi Reservasi Hotel
No comments:
Post a Comment