5113100039 - Yohana Desy Permatasari
Auto 2000 adalah sebuah perusahaan penjualan mobil-mobil merk Toyota. Selain menjual mobil Auto 2000 juga melayani servis dan perbaikan kendaraan purna jual.
Manajemen menghendaki para pelanggan yang sudah membeli mobil di showroomnya kelak
juga menjadi pelanggan bengkel untuk servis dan perawatan kendaraannya. Auto 2000 menginginkan kegiatan perawatan kendaraan para pelanggannya terus dilakukan secara kontinyu di bengkel-bengkel tempat pelanggan membeli kendaraannya.
Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat
mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan agar dapat dimanfaatkan pada customer care nt di perusahaan.
Pada saat ini, kegiatan yang dilakukan pada customer care untuk mengelola data informasi kepada pelanggan dirasakan kurang efektif oleh perusahaan.
Beberapa kendala yang dihadapi :
- Perusahaan kurang mengenal pelanggan secara mendetail mengakibatkan ketidakpuasan pelanggan pada perusahaan.
- Perusahaan tidak mengetahui potensial pelanggan yang akan melakukan servis bulanan.
- Perusahaan membutuhkan informasi no hp pelanggan untuk memberitahu pelanggan, saat mobilnya sudah waktunya melakukan servis bulanan.
- Perusahaan membutuhkan sms gateway untuk mengirimkan informasi ke pelanggan, dan juga menerima permintaan antrian dari pelanggan yang ingin mobilnya diservis.
Pertanyaan :
- Berdasarkan deskripsi di atas tuliskan modul-modul yang akan digunakan dalam Sistem Informasi Pelanggan.
- Buatlah gambaran sistem jika perlu lengkapi dengan screenshot dari aplikasi yang akan dibangun.
- Tentukan ruang lingkup dari proyek yang akan dikerjakan.
- Jika tersedia dana 150 juta, buat KAK, atau TOR dari proyek yang ditawarkan.
- Untuk mengerjakan proyek di atas dibutuhkan tim. Bagaimana membangun tim yang mampu untuk menyelesaikan proyek?
Modul-modul yang di perlukan :
- Halaman utama merupakan modul yang menangani pilihan dalam rangka menjalani proses pengelolahan data dengan program aplikasi.
- Register merupakan modul yang menangani pendaftaran user (username, password, alamat, dsb).
- Data Service merupakan modul yang menangani untuk menginputkan data-data service dalam proses service (jenis kendaraan, tanggal terakhir service , tanggal service berikutnya dll).
- Pengingat merupakan modul yang membantu perusahaan untuk mengingat tanggal service pelanggan dan mengirimkan pesan berupa sms gateway.
- Pesan masuk merupakan modul yang menangani kumpulan pesan pelanggan yang meminta antrian pelanggan yang ingin mobilnya di service dan pesan kritik dan saran dari pelanggan.
- Antrian merupakan modul yang menangani data antrian pelanggan yang akan service.
- laporan merupakan modul yang menangani laporan bulanan data pelanggan yang service dan kritik saran dari pelanggan.
pelanggan : pelanggan mendapatkan pesan pengingat service , dapat mengirim pesan antrian dan mendapatkan feedback berupa nomor antrian dan keterangan jam antrian.
perusahaan : mengisi registrasi, mengisi data service, mengirim pesan ke pelanggan, menerima pesan masuk dari pelanggan dan mengisi data antrian, dan laporan bulanan
Tentukan ruang lingkup dari proyek yang akan dikerjakan.
- Sistem bisa mengelola data pelanggan
- Sistem bisa menampilkan pengingat untuk mengingat tanggal service
- Sistem bisa melakukan sms gateway yang berfungsi untuk mengirim sms, menerima antrian serta kritik & saran
- Sistem bisa berjalan di semua sistem operasi
- Sistem mengelola laporan bulanan data pelanggan yang service dan kritik saran dari pelanggan
1. Latar Belakang
Auto 2000 membutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan agar dapat dimanfaatkan pada customer care nt di perusahaan.
Pada saat ini, kegiatan yang dilakukan pada customer care untuk mengelola data informasi kepada pelanggan dirasakan kurang efektif oleh perusahaan sehingga sebagai perusahaan penjual mobil merk toyota terbesar di Indonesia membutuhkan sebuah sistem informasi untuk melayani pelanggannya agar melakukan perbaikan atau servisi secara kontinyu di dealer-dealer Auto2000 yang tersedia
2. Maksud dan Tujuan
Maksud dan Tujuan dari Sistem Informasi Pelanggan Perusahaan Penjual Mobil Merk Toyota Auto 2000 adalah:
- Membangun sistem mengenal pelanggan secara mendetail agar pelanggan.
- Membangun sistem yang mengetahui potensial pelanggan yang akan melakukan servis bulanan.
- Membangun sistem yang memberikan informasi no hp pelanggan untuk memberitahu pelanggan, saat mobilnya sudah waktunya melakukan servis bulanan.
- Membangun sistem yang menyediakan sms gateway untuk mengirimkan informasi ke pelanggan, dan juga menerima permintaan antrian dari pelanggan yang ingin mobilnya diservis.
Sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan Sistem Informasi Pelanggan Perusahaan Penjual Mobil Merk Toyota Auto 2000 adalah sebagai berikut:
Tersedianya Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan sehingga dapat mendukung pelaksanaan dan fungsi Auto2000.
4. Nama dan Organisasi Pengguna Jasa
Auto2000
PT Astra International Tbk,
5. Sumber Pendanaan
Sumber pendanaan berasal dari dana perusahaan Auto2000 sebesar Rp 150.000.000,00
6.Lingkup, Lokasi, Fasilitas dan Ahli Pengetahuan
a. Lingkup Kegiatan
- Pengembangan Modul Aplikasi:
- Membangun sistem mengenal pelanggan secara mendetail agar pelanggan.
- Membangun sistem yang mengetahui potensial pelanggan yang akan melakukan servis bulanan.
- Membangun sistem yang memberikan informasi no hp pelanggan untuk memberitahu pelanggan, saat mobilnya sudah waktunya melakukan servis bulanan.
- Membangun sistem yang menyediakan sms gateway untuk mengirimkan informasi ke pelanggan, dan juga menerima permintaan antrian dari pelanggan yang ingin mobilnya diservis.
- Penyusunan Dokumentasi
- Validasi Data
- Instalasi Server
b. Lokasi Kegiatan
Auto 2000
c. Data dan Fasilitas Penunjang
i. Penyediaan oleh pengguna jasa:
Data dan fasilitas yang perlu disediakan oleh pengguna jasa:
a) Laporan dan Data
1. Data rest area dan fasilitas-fasilitasnya
b) Akomodasi dan Ruangan Kantor
1. Akomodasi
2. Ruangan Kantor
3. Ruangan Server
4. Koneksi Internet
c) Staf Admin
1. Admin untuk memantau penggunaan aplikasi
ii. Oleh penyedia jasa:
Penyedia jasa harus menyediakan dan memelihara semua fasilitas dan peralatan yang dipergunakan untuk kelancaran pelaksanaan pekerjaana)
a) Meja
b) PC atau notebook
d. Alih Pengetahuan
Alokasi tenaga kerja
yang dibutuhkan antara lain :
a.
Ketua
tim (Tenaga ahli utama)
b.
Ahli
Marketing atau/dan Administrasi
c.
Ahli
System Analyst
d.
Ahli
Programmer
e. Ahli Dokumentator
f. Technician
7. Metodologi
ringkasan pendekatan yang digunakan untuk merancang sistem. (structured, object-oriented, formal specification atau metodologi lainnya).
8. Jangka Waktu Pelaksanaan
Jangka waktu pengembangan sistem ini adalah selama 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak hari kesepakatan dilakukan.
9. Kualifikasi
Kualifikasi yang harus disediakan oleh penyedia jasa adalah:
- Bersedia menandatangani Perjanjian Kerahasiaan Data dan Informasi sesuai dengan kebijakan Sistem Informasi Pelanggan Perusahaan Penjual Mobil Merk Toyota Auto 2000
- Memiliki latar belakang dan pengalaman yang luas dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi dengan skala besar, terintegrasi dan mengintegrasikan aplikasi.
- Pernah menjadi penyedia jasa dalam bidang perancangan dan pembangunan aplikasi dalam lima organisasi berbeda.
- Memiliki pemikiran inovatif dan konstruktif dalam bidang perancangan dan pembangunan aplikasi.
- Memiliki kemampuan untuk menangani masalah dengan dengan cepat dan tepat.
- Memiliki production house / workshop dan tenaga ahli yang permanen.
- Memiliki metode yang baik dalam memberikan pelayanan kepada pengguna.
- Sanggup untuk memberikan garansi atas berfungsinya barang / jas secara sempurna selama satu tahun sejak serah terima.
- Memiliki komitmen yang kuat untuk mau bekerjasama dengan panitia pengadaan, tim teknis dan tim Sistem Informasi Pelanggan Perusahaan Penjual Mobil Merk Toyota Auto 2000
- Memiliki komitmen untuk mengamankan data dan informasi yang berkaitan dengan Sistem Informasi Pelanggan Perusahaan Penjual Mobil Merk Toyota Auto 2000
- Memiliki komitmen dan disiplin terhadap tanggung jawab dan jadwal pekerjaan.
10. Tenaga Ahli
Berdasarkan lingkup pekerjaan yang ada, maka dibutuhkan tenaga-tenaga ahli dengan spesifikasi sebagai berikut:
1. System Designer:
a.
Merancang sistem yang akan
dikembangkan,
b.
Mengkoordinasikan pelaksanaan
kegiatan uji coba operasional, penyusunan dokumentasi sistem, dan pelatihan
bagi para calon pengguna.
2. Data Base Designer:
a.
Merancang sistem basis data
dari sistem yang akan dikembangkan.
b.
Melaksanakan kegiatan uji coba
operasional, penyusunan referensi teknis, dan pelatihan bagi para calon
pengguna, mengenai sistem basis data.
3. Chief Programmer:
a.
Membangun program-program
aplikasi utama, berdasarkan rancangan yang telah ditetapkan oleh para designer.
b.
Menugaskan, mengarahkan,
mengkoordinasikan, mengendalikan, serta mengawasi pelaksanaan tugas setiap
programmer.
c.
Melaksanakan kegiatan uji coba
operasional, penyusunan panduan, dan pelatihan bagi para calon pengguna,
mengenai instalasi dan pemeliharaan sistem aplikasi.
4. Programmer:
a.
Membangun program-program
aplikasi, berdasarkan rancangan yang telah ditetapkan oleh para designer.
b.
Melaksanakan kegiatan uji coba
operasional, penyusunan panduan, dan pelatihan bagi para calon pengguna,
mengenai pengoperasian program-program aplikasi.
5. Data Base Administrator:
a.
Membangun sistem basis data,
berdasarkan rancangan yang telah ditetapkan oleh data base system designer
b.
Melaksanakan kegiatan kegiatan
uji coba operasional, penyusunan panduan, dan pelatihan bagi para calon
pengguna, mengenai instalasi dan pemeliharaan basis data.
6. Dokumentasi
a. Mendokumentasi pengerjaan proyek
a. Mendokumentasi pengerjaan proyek
11. Keluaran
Keluaran yang dihasilkan kegiatan Sistem Informasi Pelanggan Perusahaan Penjual Mobil Merk Toyota Auto 2000 adalah sebagai berikut.
12. Laporan
- Laporan Pendahuluan
- Rencana kerja penyedia jasa secara menyeluruh
- Mobilisasi tenaga ahli dan tenaga pendukung lainnya
- Jadwal kegiatan penyedia jasa
2. Laporan Mingguan
- Aktivitas yang dilakukan oleh masing-masing anggota tim pengembangan aplikasi
- Hasil yang telah dicapai maupun (apabila ada) kendala-kendala yang dialami serta rencana penanganan kendala tersebut
- Prosentase hasil pekerjaan terhadap milestone ataupun hasil akhir yang telah ditetapkan
3. Laporan Akhir
- Laporan Pendahuluan
- Laporan Mingguan
- Dokumentasi lain yang berkaitan dengan kegiatan proyek pengembangan system ini.
Untuk mengerjakan proyek di atas dibutuhkan tim. Bagaimana membangun tim yang mampu untuk menyelesaikan proyek?
- System Designer: Merancang sistem yang akan dikembangkan,
- Data Base Designer: Merancang sistem basis data dari sistem yang akan dikembangkan.
- Chief Programmer:Menugaskan, mengarahkan, mengkoordinasikan, mengendalikan, serta mengawasi pelaksanaan tugas setiap programmer.
- Data Base Administrator:Membangun sistem basis data, berdasarkan rancangan yang telah ditetapkan oleh data base system designer
- Dokumentator: Mendokumentasi pengerjaan proyek
- Programmer:Membangun program-program aplikasi, berdasarkan rancangan yang telah ditetapkan oleh para designer.
No comments:
Post a Comment